Selasa, 26 Agustus 2008


Pinggiran luar angin topan dahsyat dan kuat sampai di pantai selatan Amerika Serikat di Teluk Meksiko. Pusat Pengawasan Topan Nasional Amerika – Hurricane Center – menyatakan, topan besar Katrina telah mendekati pantai Teluk Meksiko dengan hujan lebat dan angin kencang berkecepatan hampir 250 kilometer per jam, dan akan menghantam daratan fajar hari ini – Senin.
Kondisi cuaca di wilayah itu makin buruk dan akan bertambah buruk di waktu malam. Par aperamal cuaca menyatakan topan hebat itu akan menghantam di sepanjnag pantai Louisiana, Mississippi, Alabama dan bagian barat Florida.
Hurricane Center menyatakan, angin kencang akan menimbulkan banjir besar hingga 9 meter tingginya, ditambah dengan hujan lebat yang akan menyebabkan banjir besar di kota New Orleans, Louisiana, yang berada di bawah permukaan air laut. Banjir juga akan terjadi di tempat-tempat lain di sepanjang pantai.
Lebih dari satu juta orang diungsikan, di wilayah pantai, selagi ratusan ribu orang lainnya diamankan di tempat-tempat khusus untuk berlindung.
Wilayah pantai selatan Amerika Serikat dalam waktu beberpa jam lagi akan dihantam oleh salah satu badai dan angin topan paling dahsyat yang diberi nama Katrina yang pernah melanda Amerika Serikat.

Tidak ada komentar: